• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

"Workshop Sosialisasi PKPU Nomor 03 Tahun 2011 dan Persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Beserta Permasalahannya"
28 Oktober 20110
Penulis : Yesi Oktoberdiana

Bandung, Proses Penggantian Antar Waktu beserta permasalahannya yang rumit adalah hal yang menarik untuk dibahas dalam proses berpolitik.

Berkaitan hal tersebut, KPU Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan "Workshop Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 03 Tahun 2011 dan Persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat beserta Permasalahannya" pada tanggal 27 Oktober 2011 bertempat di Aula Kantor KPU Provinsi Jawa Barat, dengan unsur peserta terdiri dari Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat, KPU Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat, Instansi Terkait, Partai Politik Peserta Pemilu 2009 dan Kantor Akuntan Publik Se-Jawa Barat. Dan Narasumber berasal dari Anggota KPU, Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Akademisi UNPAD Bandung dan Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) Provinsi Jawa Barat serta Moderator Anggota KPU Provinsi Jawa Barat Achmad Herri, SE. Dengan pemaparan materi sebagai berikut:

1. Dra. Endang Sulastri, M.Si: PKPU Nomor 03 Tahun 2011 dan Mekanisme Peresmian PAW Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten /Kota.

2. Prof. Dr. I Gede Panca Astawa, MH: Strategi KPU Dalam Menyelesaikan Sengketa Pemilukada di Mahkamah Konstitusi.

3. Drs. Edi Jaenudin, SE,.Ak: PKPU Nomor 06 Tahun 2011, Pelaporan dan Audit Dana Kampanye Pemilukada.

4. Drs. Teten W. Setiawan, SH: Sosialisasi Persiapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2013.

Yang dalam hal ini PKPU Nomor 03 Tahun 2011 merupakan perubahan atas PKPU Nomor 22 Tahun 2010 tentang Pedoman Teknis Verifikasi Syarat Calon PAW Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemili 2009,

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa Aturan/regulasi menjadi bagian penting dalam proses Pemilukada dan keberhasilan Pemilukada di Provinsi Jawa Barat adalah keberhasilan bersama dan telah dapat dikatakan sebagai penyelenggara Pemilu yang demokratis.

Dengan Materi dan unsur peserta yang berkaitan, diharapkan adanya sinergi/keseimbangan bagi masing-masing pelaku/politisi yang terjun dalam perpolitikan, MIsalnya dengan adanya Kantor Akuntan Publik (KAP) diharapkan dapat memberikan jasa audit/kompilasi terhadap dana partai politik dan dengan jiwa keindependenan dari KPU tidak akan mempengaruhi audit dana-dana kampanye tersebut; dan Dengan adanya Proses PAW merupakan bagian keadilan bagi para kader partai yang berkesempatan mendapatkan haknya untuk ikut dalam proses berpolitik dan berdemokrasi di Indonesia.


Acara Workshop Sosialisasi ini diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Barat.

Sumber : KPU Provinsi Jawa Barat | File : | Dibaca : 18774 x


Berita Lainnya

KPU Ragu Gunakan Teknologi e-Voting di Pilkada Serentak
01 Februari 2015

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemilihan Umum masih ragu menggunakan teknologi informasi (TI) secara masif untuk keperluan pemilihan kepala daerah serentak. Pasalnya, meski sudah menggunakan teknologi e-voting,

Laksanakan 204 Pilkada, KPU Ajukan Tambahan Anggaran Rp 830 Miliar
01 Februari 2015

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pada tahun 2015 ini, akan dilakukan 204 pemilihan kepala daerah (pilkada) di delapan provinsi dan 186 Kabupaten/Kota.

9 Kelompok Masyarakat Sasaran KPU Dalam Kegiatan Sosialisasi Pemilu
30 Januari 2015

Jakarta, kpu.go.id-

Peraturan KPU Masih Menunggu Revisi UU Pilkada
30 Januari 2015

Jakarta, kpu.go.id- Penetapan draft

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012