• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

KPU Sulsel Tetapkan Pilkada 22 Januari 2013
23 September 20110
Penulis : Aswin Rizal Harahap | Robert Adhi Ksp

KOMPAS/ANDY RIZA HIDAYAT

MAKASSAR, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan menetapkan jadwal pemilihan kepala daerah periode 2013-2018 akan digelar pada 22 Januari 2013. Jadwal tersebut bersamaan dengan pilkada di tujuh kabupaten/kota di Sulsel, yakni Bone, Palopo, Sinjai, bantaeng, Parepare, Side nreng Rappang (Sidrap), dan Pinrang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Jayadi Nas, Kamis (22/9/2011 ), mengatakan, penetapan itu merupakan hasil rapat dengan 13 ketua KPU kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada dua tahun mendatang. Menurut dia, tanggal 22 Januari dipilih setelah mengakomodasi masukan dari berbagai pihak.

Salah satu pertimbangan adalah masa kampanye kandidat yang tidak berbenturan dengan Hari Raya Natal pada akhir tahun 2012, ungkap Jayadi.

Dalam tahapan pilkada yang ditetapkan KPU, jadwal kampanye akan berlangsung pada 5-18 Januari 2013. Dua hari sebelum kampanye dimulai, KPU Sulsel akan mengesahkan dan mengumumkan daftar pemilih tetap (DPT). Penyusunan DPT sendiri akan dilakukan sejak 24 September 2012.

Mengenai pelaksanaan pilkad a gubernur serentak dengan pilkada tujuh kabupaten/kota, Jayadi meminta KPU masing-masing mendiskusikan hal itu dengan pemerintah daerah dan DPRD. KPU Sulsel memberikan waktu hingga rapat pleno pada 28 Oktober mendatang.

Meskipun pilkada baru digelar dua tahun lagi, suasana Kota Makassar telah disesaki pemasangan baliho sejumlah kandidat. Dari beberapa nama yang muncul, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel Ilham Arief Sirajuddin yang pali ng menonjol.

Syahrul yang kini menjabat Gubernur Sulsel mengusung motto Dont Stop Komandan sebagai bentuk dukungan untuk kembali memimpin pada periode kedua. Adapun Ilham mengedepankan tagline Semangat Baru Untuk Sulawesi Selatan . Baliho milik keduanya telah dipasang di sejumlah jalan protokol hingga sudut Kota Makassar.

Sumber : http://regional.kompas.com | File : | Dibaca : 19021 x

Berita Terkait


Berita Lainnya

Bawaslu Desak KPU Terbitkan Aturan Dualisme Parpol
22 Maret 2015

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak hanya menyusun Peraturan KPU (PKPU). Akan tetapi harus menerbitkan aturan yang

PKS: Pembatasan Kampanye Pilkada di Medsos Tak Beralasan
16 Maret 2015

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berencana membatasi kampanye di media sosial (medsos) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) terus menuai kritik. Bahkan, aturan KPU itu dinilai

PKB Dorong Kampanye Pilkada di Medsos Diatur di PKPU
16 Maret 2015

JAKARTA - Rencana Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatasi kampanye di media sosial (medsos) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) mendapat penolakan. Namun, tidak halnya dengan Partai Kebangkitan Bangsa

PAN Dukung Pembatasan Kampanye Pilkada di Medsos
16 Maret 2015

JAKARTA -
Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) menyambut baik aturan pembatasan kampanye di media sosial (medsos) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012