• KPU Mengucapkan terima kasih atas partisipasi anda yang telah menggunakan HAK PILIH dalam Pemilihan Presiden tahun 2014 •
Home >> Informasi >> Berita
   

Berita

Ferdhiman: Pilgub 2013 akan Lebih Berkualitas
18 Januari 20130
Penulis : Media Center KPU Jabar

Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub) 2013 dipastikan akan lebih berkualitas dibanding pilkada (pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah) Jawa Barat sebelumnya. Tanda-tandanya adalah banyak elemen masyarakat yang inisiatif berpartisipasi dan memperhatikan proses penyelenggaraan Pilgub 2013, antara lain dengan menyampaikan berbagai aspirasi kepada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat (KPU Jabar).

Kepastian ini dikemukakan Komisioner KPU Jabar selaku Ketua Pokja Sosialisasi, Ferdhiman, di depan belasan perwakilan Pengurus Cabang Pagar Nusa Kota Bandung yang berunjukrasa di Sekretariat KPU Jabar, Jl. Garut No. 11 Bandung, Jumat (18/1). Kepada mereka iapun menyampaikan terimakasih dan apresiasinya atas kepedulian LSM (lembaga swadaya masyarakat) ini  terhadap sikap dan kinerja KPU.

“Kedatangan teman-teman dari LSM Pagar Nusa menandakan Pilgub kali ini akan lebih berkualitas. Karena kualitas itu tidak mungkin terbentuk jika tidak ada perhatian orang, masyarakat acuh tak acuh dan tidak berpartisipasi. Yang ada hanyalah apatisme. Untuk itu, kami sangat mengapresiasi seumpama ada unsur masyarakat yang menyampaikan aspirasi dalam bentuk apapun, tidak kecuali dengan cara unjukrasa. Kami pasti akan memperhatikan,” janji Ferdhiman.

Menanggapi sorotan utama pengunjukrasa atas hilangnya  4,1 juta pemilih dari DP4 (data penduduk pemilih pemilu) sebanyak 36,6 juta menjadi 32,5 juta dalam DPT (daftar pemilih tetap), secara panjang lebar ia menjelaskan historisnya mengapa provinsi ini sampai kehilangan pemilih dengan jumlah luar biasa itu, dengan menunjukkan “Grafik Prosentase Data Dihapus  di Jawa Barat” kepada para pengurus Pagar Nusa.

Dalam grafik tersebut diterangkan bahwa hilangnya 4,1 juta pemilih disebabkan adanya yang meninggal dunia 14,75 persen, data fiktif 9,98 persen, menjadi anggota TNI/Polri 0,31 persen, pindah alamat 44,25 persen, terdaftar ganda 26 persen, dan lain-lain 4,73 persen. Sedangkan pemilih paling banyak di Kabupaten Bandung berjumlah 2,3 juta, dan paling sedikit di Kota Banjar berjumlah 139.385 pemilih.

Aksi unjukrasa di KPU Jabar digelar oleh sekitar 100 orang mulai pukul 14.00 dengan membentangkan spanduk bertuliskan tuntutan “ Audit Dana Kampanye Incumbent”, “APBD bukan untuk Kampanye”, KPUD harus Transparan soal Dana Kampanye”, “Jangan Hilangkan Suara Kami”, dan orasi menuntut KPU Jabar agar Jurdil (jujur dan adil) dan Luber (langsung, umum, bebas, rahasia) dalam menyelenggarakan Pilgub.

Pada pernyataan sikapnya yang ditandatangani Ketua PC Pagar Nusa Kota Bandung, Asep Hadian Permana, mereka menuntut KPU Jabar bertanggungjawab terhadap Rapat Pleno Penetapan DPT yang ternyata jumlah pemilihnya menurun drastis hingga mencapai angka lebih dari 4 juta, memerintah jajaran KPU kabupaten/kota agar melakukan pendataan ulang secara sungguh-sungguh untuk mendaftarkan pemilih yang tidak terdaftar di DPT, supaya mereka dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilgub 2013 yang dilaksanakan 24 Februari mendatang.

Merekapun menuntut KPU Jabar agar secepatnya mengumumkan kepada publik tentang hasil pendataan ulang pemilih yang belum terdaftar, untuk disertakan sebagai pemilih yang hak dan kedudukan hukumnya sama dengan pemilih terdaftar dalam DPT. Jika dalam batas waktu yang ditentukan ternyata KPU Jabar tidak juga menindaklanjutinya, maka mereka  akan melakukan aksi serupa dengan jumlah massa yang lebih banyak, dan akan mengadukan perihalnya ke lembaga hukum pemilu. (MC/KPUJBR)

Sumber : Media Center KPU Jabar | File : | Dibaca : 8587 x


Berita Lainnya

KUNJUNGAN KERJA PANSUS DPRD KABUPATEN CIAMIS KE KPU PROVINSI JAWA BARAT
27 Agustus 2014

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi  Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari Rombongan  Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Ciamis

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 Tahun 2014 KPU Provinsi Jawa Barat
18 Agustus 2014

Upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 Tahun 2014 KPU Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan SMKN PU Provinsi Jawa Barat 

Rapat Koordinasi Persiapan PHPU Pemilihan Presiden Tahun 2014
10 Agustus 2014

Minggu, 10 Agustus 2014 bertempat di Hotel Trinity, Jakarta Pusat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat melaksanakan Rapat Koordinasi Persiapan PHPU Pemilihan Presiden Tahun 2014

SOSIALISASI DAN “NOBAR” DEBAT CAPRES-CAWAPRES
07 Juli 2014

Malam Minggu (5 Juli 2014) bertempat di Hotel Newton Kota Bandung,  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Sosialisasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden kepada pemilih pemula

 1 2 3 >  Last ›


 

Kontak


KOMISI PEMILIHAN UMUM
PROPINSI JAWA BARAT

Jl. Garut No.11 Bandung
Tlp / Fax : 022 7278809-12 fax
022 7215894

Copyright © KPU Provinsi Jabar 2012